slide to unlock

Popular Post

Selamat datang di blog saya ^_^ selamat nikmati postingan di sini. Jangan lupa berkomentar
Posted by : eka kaka Minggu, 08 Juni 2014

 

      Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang bersumber dari tata nilai dan kepribadian Bangsa Indonesia yaitu nilai-nilai Pancasila. Atau demokrasi yang dijiwai, diwarnai, disemangati, dan didasari oleh Pancasila (Demokrasi yang menerapkan kelima sila dari Pancasila). Yang pengambilan keputusannya ada dua cara, yaitu Musyawarah Mufakat dan Votting.  *itu aja pengertiannya, kan secara singkat == lagian ini juga ada di buku. Baru tuh yang Demokrasi Ekonomi yang panjang bener == soalnya demokrasi ekonomi gak ada dibuku gue (berarti juga semua buku temen seangkatan gue) ==

===============================================


     Demokrasi Ekonomi, artinya produksi dikerjakan oleh semua masyarakat dan untuk semua di bawah pimpinan atau pemilihan anggota-anggota masyarakat. Demokrasi ekonomi terkait erat dengan pengertian kedaulatan rakyat dibidang ekonomi. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Sistem ekonomi di Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta GBHN, sehingga disebut sebagai "Sistem Ekonomi Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Pancasila".

Demokrasi ekonomi yang diterapkan di Indonesia mengandung ciri-ciri positif sebagai berikut:

1. Perkembangan disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.

2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

3. Bumi, air dan kekayaan alam yangug terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

4. Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat serta pengawasan terhadap kebijaksanaannya ada pada lembaga-lembaga perwakilan rakyat pula.

5. Warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

6. Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.

7. Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.

8. Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.

Sedangkan, ciri negatif sistem perekonomian Indonesia yang harus dihindari sebagai berikut:

1. Sistem free fight liberalism, yaitu sistem yang menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain.

2. Sistem etatisme, yaitu negara beserta aparatur ekonomi bersifat dominan, mendesak dan mematikan potensi, serta daya kreasi unit ekonomi di luar sektor negara.

3. Monompoli, yaitu pemusatan kekuasaan ekonomi pada satu kelompok.
 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

ini gue posting buat kisi-kisi PKN no.11 buat UKK besok == kalau gak buat UKK mah gak mungkin ngepost beginian gue ==. Tapi kalau dipikir-pikir DEMOKRASI EKONOMI kok hampir sama kayak Sistem perekonomian ya? == Di pelajaran IPS kalau gak salah == ah gak tau gue, lagian ini gak dibahas/diterangin sama guru gue di sekolah == .

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. love laptop iya, love wifi iya, love kamu eak '_'...

    BalasHapus
  2. love laptop iya, love wifi iya, love kamu eak '_'...

    BalasHapus

Keep Calm And Love Anime, Manga, Laptop, Wifi, Graffiti :v

- Copyright © 2013 MY BLOG - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -